Dalam sebuah Team Kerja, pasti kita semua pernah merasakan bekerja secara tim / kelompok. Sebuah tim yang solid sangat berperan besar suatu departemen. Namun, dalam suatu tim pasti ada yang namanya perbedaan pendapat atau perselisihan antara sesama anggota tim yang akan menyebabkan hancurnya hubungan antara sesama anggota tim, bahkan perusahaan juga akan mendapatkan imbasnya. Ada beberapa cara untuk menghindari perselisihan antar sesama anggota tim:
Redam Sikap Egois Diri Kita
Dalam tim tentunya ego diri kita tidak sama dengan sesama anggota tim lainnya. Oleh karena itu sikap saling menghargai dan memahami sangat diperlukan dalam hubungan tim agar hubungan tim dapat terjalin dengan baik. Ketika hubungan tim berjalan dengan baik maka produktifitas kerja tim akan semakin meningkat.
Hargai Pendapat Orang Lain
kerja diri kita untuk mengemukakan pendapat mereka, karena mereka berpendapat untuk membuat tim jadi lebih baik / berkembang.
Jangan Pernah Merasa Diandalkan
Jangan pernah merasa bahwa diri kita adalah orang yang penting dalam suatu tim. Keberhasilan tim / perusahaan berhasil bukan karena diri kita sendiri, tetapi keberhasilan diperoleh karena hasil kerjasama tim. Jadi jangan pernah merasa diri Kita paling penting karena itu akan menyebabkan kehancuran untuk diri kita sendiri.
Jadikan Tim Adalah Keluarga
Suka maupun duka akan kita alami bersama, dan kekeluargaan itu yang akan membuat kita beserta tim kita akan merasa lebih solid untuk mengembangkan Tim kerja dan saling bahu membahu dalam hal apapun. Keberhasilan Team Mekanik pun bukanlah dari diri kita, tapi dari sebuah tim yang solid, jadi anggaplah tim kita sebagi keluarga kita
(Sumber: Jiwa pemikiran dan cara memimpin Bapak Erus Sukandar & Dadang Ruswandi)